23 May 2010

Antena kaleng, solusi berinternet hemat

Antena kaleng merupakan kata kunci yang selalu mengarah ke blogku lamaku. Sebelum Anda membaca Tanya Jawab yang saya rangkum dari Blog saya di Wordpress, sebaiknya Anda pertimbangkan untuk membuat Wajan Bolic. Kenapa? Karena Wajan Bolic lebih murah daripada Antena Kaleng berdasarkan dari uji coba yang saya lakukan.
  1. USB Wifi Blue Link BL U80G = Rp. 130.000
  2. Wajan 38cm = Rp 27.500
  3. 1 Meter PVC 3" = Rp. 12.500
  4. 2 Doff (tutup pralon) = Rp. 10.000
  5. 1 buah Baut = Rp. 6000
  6. 1 Gulung Kertas Alumunium =  Rp. 33.000
  7. 8 M kabel belden 1538 A = 32.000
  8. 1 buah USB Extender = Rp. 10.000

Bagaimana dengan biaya antena kaleng? Tahun 2006 saya menghabiskan biaya lebih dari 400 ribu untuk pembuatan antenna kaleng, tapi untuk sekarang mungkin sudah lebih murah dan ada juga komponen yang makin naik harganya. Seperti komentar berikut:
Di panduan yang Bapak buat, harga SMA Connectornya Rp 11.000,- tapi setelah saya ke toko Sagan Baru, saya tanya harganya Rp 32.000,- Lalu, harga Soket N Connector dan Plugnya dua kali lipat lebih mahal dari panduan yang Bapak buat. Gimana dong, Pak? Apa memang harganya udah segitu?
dan
saya sudah buat antena kaleng, ternyata biaya untuk beli alat konektor nya 155.000 beda jauh sama yang di gambar. trus setelah di coba. tetap gak bisa konek internet.
Karena antusiasnya pengguna internet Indonesia untuk mendapatkan koneksi internet dengan harga murah atau gratis, sekaligus tidak ingin mengecewakan pembaca, sengaja saya merangkum pertanyaan yang di ajukan di blog terdahulu. Berikut pertanyaan yang sering ditanyakan dan diulang-ulang (maklum orang Indonesia banyak yang malas membaca). 

T: Dimanakah saya bisa men-download e-book antena kaleng?
J: Silakan download disini. Sudah lengkap dengan gambarnya dan antena calculator.

T: Apakah Anda sudah mencoba mempraktekannya (membuat antenna kaleng)?
J: Tentunya sudah, dan saya pergunakan hingga kalengnya berkarat .

T: Berapa jarak maksimal antenna kaleng ke Access Point atau sebaliknya? Apa ada hubungannya dengan ketinggian antena.
J: Jarak maksimal hanya 1 km, dan pernah saya coba sejauh kurang lebih 700 meter, dan hubungannya dengan ketinggian, semakin tinggi Antena maka semakin tinggi pula peluang untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi

T: Berapa maksimal panjang kabel RG 58?
J: Panjang maksimal 7 meter jika lebih dari itu maka koneksi tidak akan berjalan dengan baik. Idealnya 50 cm.

T: Apa tembaga buat antena bisa diambil dari kabel tembaga biasa?
J: Bisa. Saya memakai tembaga dari kabel listrik.

T: Apakah antena kaleng bisa langsung konek ke hotspot? Apa perlu software?
J: Bisa, jika hotspot-nya memang diperuntukan untuk umum, dan untuk terhubung tidak perlu software tambahan, karena di Windows atau Linux sudah ada. Silakan baca cara terhubung ke Wi-Fi di e-booknya.

T: Aku coba pakai antena kaleng sudah dapat sinyal Wi-Fi cuma 1 baris tapi tidak bisa konek? padahal aku tanya hotspotnya dibuka untuk umum, apa perlu seting lagi di windows?
J: Satu baris artinya sinyal sangat lemah dan kemungkinan untuk terhubung sangat sulit. Pastikan juga Wireless Zero Configuration-nya sudah jalan (Baca di e-book, sudah ada penjelasannya). Tanyakan juga kepada pemilik Wi-Fi, bentuk umumnya seperti apa? Ada juga yang di bebaskan untuk umum tapi kita harus mendaftar.

T: Nah apa gak perlu account/user/password tuk konek ke akses poin yang bakal menjadi sasaran?
J: Tergantung dari settingan Akses Point.

T: Laptop kan udah ada wifinya tanpa menggunakan modem, bagaimana cara memperkuat penerima wifi yang udah ada di dalam laptop? apa masih pakek tambahan modem?
J: Kalau yang ini belum tahu caranya, karena Wi-Fi sudah terpasang di laptop atau built in, dan yang jelas tidak perlu tambahan modem.

T: Mas, ada gak cara bikin antenna 2.4 GHz dengan memanfaatkan Wireless adapter internal pada notebook, tolong donk!!!
J: Maaf, Sejauh ini saya belum menemukan tutorial cara memanfaatkan atau memperkuat sinyal dari Wireless adapter internal laptop.

T: Pada no 2 tentang alat yang di perlukan dituliskan tentang PCMCIA Card ( bila anda menggunakan laptop yang belum di lengkapi perangkat wifi 802,11b atau 802,11g) yang mempunyai antena luar.
  1. Apa maksudnya itu mas?
  2. Apa laptop saya punya hal itu? (laptop saya punya fasilitas wifi yang bisa konek langsung kalau ada hotspot terbuka)
  3. Apabila laptop saya mempunyai fasilitas wifi tersbut, apakah masih di perlukan juga PCMCIA untuk pembuatan antena kaleng ini? (mksud saya, apakah kabel RG 58 yang dari antena tetap di sambungkan juga ke PCMCIA card? )
J: Berikut jawaban dari tiga pertanyaan yang paling sering ditanyakan.
  1. Maksudnya jika laptop belum ada Wi-Fi internal atau bawaan, maka harus dibelikan untuk PCMCIA atau USB Wifi untuk dapat terkoneksi internet.
  2. Karena laptop sudah terhubung ke hotspot, artinya laptop sudah ada Wifi internal tapi tidak bisa dipakai untuk antena kaleng.
  3. Masih perlu. Tidak perlu beli PCMCIA dan kabel RG 58, karena sekarang sudah ada wajan bolic yang menggunakan USB Wifi yang harganya lebih murah dari PCMCIA.

T: Om... Kalau pake wifi adpater bawaan laptop bisa gak? Terus nyolokin kabel antena ke laptop dimananya?
J: Belum bisa. Karena Wi-Fi adapter bawaan, maka tidak ada tempat untuk nyolokin kabel.

T: Mas penulis... Sekarang kayaknya susah nyari Wireless Lan Card. Kalo pake USB wireless bisa ga?
J: Bisa. Perhitungan yang digunakan juga sama... Silakan di coba. Untuk memperpanjang kabelnya silakan gunakan UTP + USB Extender (untuk caranya, silakan baca sampai habis tulisan ini).

T. Saya tidak menggunakan PCI WLAN card, tapi mengunakan USB WLAN bisa ga? trus klo seandainya bisa, langkah-langkah apa saja yang perlu saya lakukan nanti untuk bisa merubah USB WLAN saya menjadi Antena luar, karena saat ini saya sudah punya USB WLAN, kan sayang klo saya harus beli PCI WLAN.
J: Bisa.Langkah-langkahya sama dengan jawaban diatas.

T: Apakah antena kaleng ini legal?
J: Legal, kecuali sudah ada hukumnya. Maaf, belum pernah baca larangannya.

T: Bagaimana kita mengetahui suatu area atau daerah ada hotspotnya?
J: Untuk mengetahui hotspot disekitar gunakan netbook, laptop, HP atau BB yang sudah ada WiFi-nya. Untuk memudahkan dalam melacak keberadaan sinyal, install netstumbler, insider atau vistumbler. Metode pencarian ini dikenal dengan istilah War Driving

T: Bagaimana kalau setiap peralatan yang dibutuhkan untuk membuat antena kaleng disertkan gambarnya, supaya kalau kita nanya ke tokonya jadi lebih gampang.
J: Gambarnya sudah ada didalam e-books. Silakan di download e-booknya dan dibaca lebih teliti.

T: Apakah antena kaleng tahan dari hujan? Bagaimana supaya tahan hujan? Apakah hujan mengganggu sinyalnya?
J: Tergantung dari bahan antena. Kaleng mudah karatan (korosi) dan untuk membuatnya tahan hujan bisa dibuatkan penutup diatasnya, tapi ini tidak perlu dilakukan karena kaleng bisa kita ganti setiap saat dan murah. Tentu saja hujan dapat mengganggu sinyal dan membuat koneksi jadi lambat.

T: Apakah wireless hack melanggar hukum?
J: Hacking jika tujuan untuk testing keamanan system dari Wi-Fi dan diberikan ijin tentunya tidak melanggar hukum, tapi jika hacking yang dimaksudkan adalah untuk mendapatkan akses internet dari Wi-Fi yang kita hack tentunya sama dengan mencuri. Untuk hukumannya saya belum tahu.

T: Saya udah buat antena kaleng, dan sudah dapet sinyalnya, terus bagaimana caranya agar saya bisa terhubung ke internet?
J: Caranya, pastikan terlebih dahulu bahwa sinyal yang ada tidak di proteksi (ada gambar gembok) dan bisa di akses oleh umum. Caranya baca di e-book.

T: Daerah mana saja yang bisa memakai antena kaleng?
J: Semua daerah yang ada sinyal Wi-Fi.

T. bagaimana cara penyambungan kabel UTP dan USB extender?
J: Berikut adalah penyambungan atau rangkaian kabel UTP dengan USB:
putih oranye dan oranye (UTP)  =  (USB) merah
putih hijau (UTP) =  (USB) putih
hijau (UTP) = (USB) hijau
putih biru, biru, putih coklat, coklat (UTP) = (USB) hitam
Info lengkapnya: Teknik USB Extender

T: Berapa maksimal panjang UTP untuk memperpanjang USB Extender?
J: 5 meter untuk kualitas yang bagus. 8 meter sudah mencukupi dengan kabel yang baik (Belden AMERIKA). Jika lebih dari 8 meter, Anda harus menggunakan USB Power Injector.

Pertanyaan:
  1. Bisa tidak berikan aku perhitungan secara analitis rumus buat mengetahui daya, frekuensi, power loss, terus kalo dibandingin ama wajan bolic atau yang lain gimana?
  2. Ini bisa gak buat memperkuat sinyal 3G?
  3. Apakah bisa dipakai untuk antena modem cdma 2000 1x ? kalo bisa gmana caranya?
Jawabanya:
  • Ada dan bisa. Untuk info lengkapnya cari dan baca di Opensource.TelkomSpeedy.com. Semuanya sudah ada disana dan di asuh oleh ahlinya (Ono W. Purbo).
Semoga dapat membantu para netter di Indonesia.

27 comments:

  1. In pertamax ya.....
    waduh makasih infonya, mo nyoba nih, do'akan saya berhasil..!!

    ReplyDelete
  2. mas.. dimana klo beli antenkaleng tu.... ada yang jual gak

    ReplyDelete
  3. mohon penjelasannya
    kalau saya menggunakan PCI card wireless
    apakah kabelnya bisa diganti dengan kabel antena TV yang lebih murah dan apakah panjang kabel bisa sampai 15 meter

    terima kasih
    iwan@y7mail.com

    ReplyDelete
  4. yo akh pertaxx Gan..
    Thx Ya info yang sangat bermanfaat..
    ta kasih Cendol..

    ReplyDelete
  5. Menarik dan ingin menggunakan.
    Salam kenal sebelumnya.
    Mau cari ilmu.
    Apa antena kaleng bisa untuk modem?
    Kalau bisa untuk modem,apakah bisa untuk modem yang tidak ada konektor antena eksternalnya?Cara penggunaannya?
    Sangat berharap mendapatkan ilmunya,mhn ilmunya dibagi di yoyoktri81@gmail.com,thx

    ReplyDelete
  6. @gentong: maaf belum bisa rekomendasi dimana tempat yang bagus untuk beli antena jadi...

    @iwan: pakai kabel antena TV belum pernah coba, dan sulit untuk cari yang bisa mencapai 15 meter. Kalau ada, harga kabelnya mahal.

    @Anony: Coba baca lagi penjelasan diatas... Sebaiknya cari ilmu dari pakarnya langsung di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Main_Page

    INGAT, Jangan pernah menuliskan e-mail dengan saya@gmail.com, sebaiknya tulis dengan saya (di) gmail.com untuk menghindari dari spammer

    ReplyDelete
  7. gan...saya pakai notebook yg udah ada wifi nya..berhubung kurang kuat saya belikan wifi adapter sejenis alfa konek kabel nya via usb,dan ada signal masuk banyak baik wpa ataupun wep,cuma signal nya maksimal 76% dan semuanya itu di kunci tp saya bisa membongkar kuncinya dengan syarat signal di atas 80%,yang perlu saya tanyakan gmn caranya agar signal tersebut bisa menguat sampai 90% atau 100 %,karena untuk wpa butuh signal yg di atas 80% jadi gak seperti wep 60% udah cukup untuk di bobol kuncinya.kekuatan wifi adater ku cuma 100 m itupun kabel nya ku sambung sampai 10 m karena kalau g di sambung signal cuma ketangkap 30%.bisakah saya menggunakan anten kaleng tersebut? tolong tulis di malangcoy@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. ada yg jual gak.?
    q mau beli yg udah jadi aja.!

    ReplyDelete
  9. bos link e-book nya ko dah ga bisa

    ReplyDelete
  10. ada link lain mas, sangat butuh nih, makasih

    ReplyDelete
  11. linknya ngga' bs ????

    ReplyDelete
  12. link unduhnya udah nggak bisa gan.
    bisa minta link ebooknya nggak ?

    ReplyDelete
  13. Mas maaf saya awam masalah jaringan, kalo kita punya TP LINK TL-MR3220 Router adsl/wifi bisa gak jadi penghubung sinyal wifi ke hotspot wifi lain, kebetulan kita dah diijinkan dan dikasih passwordnya....mhn bantuannya ya mas...

    ReplyDelete
  14. Pake modem+ xl cma 50rb/bulan.. Lebih mobile dan speednya lumayan cepat bisa nonton you tube

    ReplyDelete
  15. salam kenal, saya butuh tutorial membuat antena kaleng. mau coba-coba buat barangkali agan punya..trim's infonya

    ReplyDelete
  16. Pertanyaan:
    Apakah CPU dengan prosesor i3 sudah memiliki fasilitas wifi..?, jika tidak bagaimana caranya saya mendapatkanya atau dimana saya mendownload softwarenya.
    Apakah semua tempat yang memiliki jaringan sinyal, dapat mengakatifkan Wifi lewat antena kaleng ?
    Saya memiliki modem CDMA apakah bisa digunakan untuk Wifi ?

    ReplyDelete
  17. Daerah kami hanya dipasilitasi dengan tower mini satelit dengan jangkauan 2 km tapi jarak saya dengan pemancar tersebut ± 100 km

    pertanyaan :
    Apakah dengan bantuan antena kaleng wifi bisa/gak? kalau gak apa ada cara lain..?

    ReplyDelete
  18. mau tanya ni,.
    klo buat antena kaleng pake N-connector trus kbel coaxialnya diganti sma kabel lainya (kyak LAN atau kbel biasa) bisa gak kira"..??
    Tolong dijawab,.
    Thank's before..

    ReplyDelete
  19. hebat gan!!! lengkap banget tutorialnya...
    makasih yah!!!
    lagi rencana mau buat...

    __________________________________________________

    wanna buy shoes?

    ReplyDelete
  20. wahhh bolehhh juga informasinya.......gimana...
    boleh dong mampir juga ke website kami http://candra.unsri.ac.id

    ReplyDelete
  21. mana gan ilmu kalkulasi antena kalengnya ..
    link sdh ga falid lagi ..
    tolong di update gan, ini ilmu sangat bermanfaat ..
    thanks
    Aska

    ReplyDelete
  22. mas, link download tutorialnya di ziddu sudah nggak aktif. tolong upload ulang.

    ReplyDelete
  23. UPDATE: link download dan cantenna atau Antena Calcultor sudah disertakan dalam file... Semoga tidak dihapus lagi oleh penyedia jasa layanan hosting gratis...

    ReplyDelete
  24. gan ane beli yang dah jadi aje soalnya awam tentang jaringan ....ok...

    ReplyDelete
  25. mas apakah antena ini bisa buat pemancar wifi mas?? saya udah beli router PWH 2004 .. apa bisa mas????

    afif_akbar99@yahoo.oc.id

    ReplyDelete
  26. ijin mencobanya sobat mudah - mudahan koneksi internet di tempat saya menjadi stabil

    ReplyDelete