02 March 2010

Internet Connection Sharing atau Berbagi Pakai Koneksi Internet Modem CDMA/GSM

Dari judul diatas semua pasti sudah paham maksudnya. Tapi kalau belum mengerti juga tidak mengapa... Semoga suatu saat yang belum paham akan mengerti, dan tulisan ini dapat menjadi referensi bagi yang sudah paham. Mengapa koneksi internet harus kita bagi? Apalagi pasti akan membuat koneksi kita bertambah lambat? Jawabnya tentu bervariasi sesuai dengan hati masing-masing. Oke... kita langsung saja...

Step I: Setting pada Server

Buka Control panel, pilih Network Connections kemudian klik kanan pada Modem yang akan kita bagi koneksi internetnya, pilih properties. Klik tab Advanced kemudian centang "Allow other network users to connect through this computer's Internet Connection" pada Internet Connection Sharing pilih Home Networking Connection yang akan digunakan untuk berbagi koneski internet. Disini saya memilih Local Area Connection (LAN Card), seperti tampak pada gambar dibawah.


Klik tombol OK, maka secara otomatis IP Address LAN Card akan diganti menjadi 192.168.0.1 dengan netmask 255.255.255.0. No IP inilah yang akan kita jadikan sebagai nomor IP gateway untuk client.
 
Langkah selanjutnya catat IP DNS modem yang akan digunakan untuk setting pada client. Cara mengetahui IP DNS, buka Command Prompt dari Start - All Programs - Accessories - Command Prompt. Di command prompt ketikan ipconfig/all sehingga akan ditampilkan IP address dari semua ethernet yang terpasang di komputer kita.


Step II: Setting pada client

Buka Control Panel, pilih Network Conection, klik kanan pada Ethernet atau kartu jaringan (Local Area Connection) kemudian pilih Properties. Pada tab General klik pada Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik Properties. Settingan di komputer saya (client) adalah seperti gambar dibawah:


Catatan:
  • Anda boleh memilih IP di mulai dari 192.168.0.2 sampai 192.168.0.254 dengan Netmask 255.255.255.0 dan Default Gateway 192.168.0.1 
  • Untuk mendapatkan IP DNS, modem harus dalam keadaan aktiv atau terkoneksi dengan jaringan.
  • Tips ini tidak hanya digunakan hanya untuk berbagi koneksi internet melalui Modem CDMA/GSM, tapi bisa diterapkan untuk koneksi internet yang lain.
Selamat berbagi Koneksi Internet dengan Teman atau Keluarga Anda.

2 comments:

  1. alo bro thnks infonya, ada yg mau sy tanya nih, bagaimana cara mengatur bandwidth limit buat pc clientnya , semisal 64kbps per client.

    thnks brtt

    ReplyDelete