19 April 2013

Stop YouTube Auto Play Khusus Pengguna Mozilla Firefox

Auto Play saat membuka situs YouTube sungguh sangat menyebalkan karena akan menguras habis bandwidth dan menghabiskan kuota dengan cepat. Hal ini juga akan menggangu orang lain jika menggunakan internet di tempat umum seperti Hotspot Area (WiFi Zone). IDM yang notabene dikabarkan memiliki kecepatan download paralel pun dapat dikalahkan dengan orang yang membuka situs YouTube. Nah, karena masalah ini sangat menggangu, ada beberapa trik yang dapat di gunakan.
  1. Menggunakan Script dari situs UserScripts.ORG atau Addons dari Firefox
  2. Mengkonfigurasi Plugin Click To Play yang secara default sudah tersedia di Firefox
Manakah dari kedua cara tersebut yang paling ampuh dan cara untuk mengatasi Auto Play YouTube???


Jawabannya tergantung dari kondisi. Jika anda pemilik warnet sebaiknya menggunakan trik pertama karena hanya situs YouTube saja yang wajib Click To Play. Nama Addons yang digunakan adalah Stop YouTube Autoplay. Untuk Scriptnya bisa dicari di situs UserScript.ORG dengan kata kunci "youtube stop". Kelemahan dari Addons dan Script ini adalah tidak selalu up to date, sehingga terkadang tidak berfungsi dengan baik jika YouTube merubah situsnya.

Jika Anda pengguna Internet rumahan yang mengandalkan internet berbasis kuota, sebaiknya pilih no 2. Untuk no 2 ini, caranya cukup sederhana yaitu dengan mengetikan about:config di address bar, kemudian di kotak pencarian ketikan kata plugins.click_to_play dan ubah Value yang defaultnya false menjadi true.

No comments:

Post a Comment