29 January 2013

Menghilangkan Segitiga Setelah Rooting Android


Mengapa segitiga muncul setelah rooting? Ini sebenarnya disebabkan karena kita menggunakan boot.img yang sudah di modifikasi oleh modifikator. Segitiga muncul sebenarnya memberikan peringatan jika sistem kita vulnerable dan memiliki celah keamanan yang bocor (dibuka). Bila dilihat atau boot.img dibuka (ekstrak) menggunakan Android Kitchen Master, maka kita akan menemukan perbedaan antara boot.img original dengan boot.img yang sudah di modifikasi. Perbedaan itu bisa dilihat dari file default.prop. Berikut perbedaannya:

File default.prop secara default konfigurasinya adalah seperti dibawah ini:

ro.secure=1
ro.allow.mock.location=0
ro.debuggable=0
persist.service.adb.enable=0

tapi kemudian diubah menjadi seperti dibawah ini:

ro.secure=0
ro.allow.mock.location=0
ro.debuggable=1
persist.service.adb.enable=1

Karena ro.secure di non aktivkan dan Android Debugger di aktivkan maka munculah tanda segitiga setiap HH dinyalakan. Kenapa persist.service.adb.enable=1, karena itu untuk memudahkan dalam melakukan rooting HH yang menggunakan adb (remote android dari PC). Kesimpulannya jika HH kita muncul segitiga, cukup edit file default.prop dan kembalikan ke posisi semula. Jika tidak tahu cara mengedit atau memodifikasinya, silakan download ROM Original dari SamMobile.COM, ekstrak dan ambil boot.img-nya dan kompres di GNU/Linux.

Untuk mengkompressnya tidak bisa menggunakan WinRAR, 7z atau 7zip, atau Kompressor bertipe GUI (Dijamin GAGAL). Jadi WAJIB menggunakan command line di GNU/Linux. Caranya

# tar cvf BOOT-Original.tar boot.img

Jalankan Odin, Colokan HH, Klik PDA dan cari BOOT-Original.tar lalu Start.

Selamat SEGITIGA Bermudah sudah hilang dan HH menjadi lebih aman...

1 comment:

  1. gan cara ngambil boot.img yang orinya gimana gan?
    please kasitau ya....

    ReplyDelete