21 January 2013

Apa itu Dex, Odex, dan DeOdex?

Sengaja artikel ini saya tulis hanya untuk menambah referensi bagi pengguna internet. Tentunya artikel ini bukanlah sebuah artikel yang unik (unique content) karena sudah banyak artikel serupa yang membahasnya. Tapi disini saya hanya menyimpulkan secara singkat saja dari referensi yang bersebaran di internet dengan apa yang saya dapatkan dari hasil uji coba.

Apa itu dex?
File yang sudah dikompile menjadi file aplikasi yang digunakan oleh Dalvik VM. File tersebut dapat ditemukan di folder /data/dalvik-cache.

Apa itu Odex?
Ada yang mengatakan bahwa Odex adalah file cache yang dipisah dari apk untuk mempercepat sebuah aplikasi ketika dijalankan, dan ada pengertian lainnya merupakan file yang sudah dikompile dan dijalankan pada firmware tertentu. File odex ini bisa ditemukan dan biasanya berada dalam satu folder dengan file apk dengan nama yang sama.

Apa itu DeOdex?
DeOdex merupakan proses menyatukan file apk dengan odex menjadi satu kesatuan. Atau membungkus ulang paket yang telah di pisah menjadi satu kembali. Saya sebut proses karena adanya usaha untuk menyatukan kembali dua buah file yang terpisah.

Bila ada yang bisa meluruskan kembali persepsi saya, silakan beri komentar disini.
Silakan baca postingan saya tentang Kelebihan dan Kekurangan Odex dan DeOdex Android...

No comments:

Post a Comment