07 June 2012

Cara Menghindari Serangan Aircrack (Pemutus Koneksi Jaringan)

Mungkin anda sebagai pengguna Hot Spot atau WiFi gratis pernah mengalami putus koneksi internet secara tiba-tiba. Bisa jadi karena ada yang menggunakan NetCut. Tapi sekarang NetCut bisa dikatakan sudah tidak memiliki gigi lagi untuk memutuskan koneksi internet, karena sudah banyak Anti NetCut bertebaran dan sangat powerfull. Saat ini yang paling berbahaya dan BELUM ADA PENANGKAL TERBAIK adalah serangan AIRCRACK. Dan parahnya lagi banyak yang beranggapan bahwa dengan membuat Arp Static masalah bisa selesai. Padahal ini sangat jauh berbeda dengan Netcut atau aplikasi arp spoofing.
Aircrack..???? Apa itu aircrack??? Bagi pengguna GNU/Linux tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, apalagi pemakai Bak Truk (Backtrack). Aircrack adalah aplikasi yang dibuat untuk ujicoba kemanan jaringan hotspot, menganalisa kualitas koneksi, melihat siapa yang terkoneksi ke hotspot bahkan bisa melihat siapa yang sedang download. Tapi kebanyakannya aircrack digunakan untuk mendapatkan password dari HotSpot yang terproteksi.

Sudah jelas tentang Aircrack..??? Oke dilanjut membacanya...

Tapi celakanya (Sungguh Celaka) dan merupakan penghancur koneksi terhebat saat ini yang belum saya temukan penangkalnya. Serangan Aircrack terutama aireplay-ng sangat dahsyat dan cukup membuat koneksi internet menjadi kacau beliau. Belum ada cara terampuh (permanen) untuk dapat menghindari serangan ini. Untuk saat ini saya hanya dapat memberikan sedikit tekhnik sederhana untuk menghindari penyerangan (pemutusan koneksi jaringan) yaitu dengan cara mengganti Mac Address.

Lho kenapa harus mengganti Mac Address ..???? Mau Mencuri ya..?? Mau menyembunyikan identitas..?? Ooo oow tidak... Kita mengganti MAC Address dengan tujuan untuk menghindari pemutusan koneksi dan bukan digunakan untuk macam-macam. Lho kenapa harus diganti MAC Address..???

MAC Address harus diganti setiap koneksi internet kita putus, karena Aircrack menyerang berdasarkan MAC Address. Memang tidak efektif karena setiap putus kita harus mengganti MAC. Tapi apa boleh buat karena belum ada cara terbaik untuk menanggulanginya.

Terus bagaimana cara mengganti MAC Address..???

Untuk mengganti MAC Address akan saya bagi menjadi dua tutorial, yang pertama mengganti MAC Address di Windows dan Mengganti MAC Address di GNU/Linux. Jadi ikuti terus kisah selanjutnya hanya di Channel ini...

Terima kasih...

No comments:

Post a Comment