08 June 2010

Mengatasi masalah booting Linux Slackware 13.1 di Netbook HP Mini

Meskipun Slackware 13.1 telah berhasil terinstall di Netbook HP Mini 110, namun tetap saja ada masalah. Setelah muncul b43-pci-bridge 0000:01:00.0 PCI INT A -> GSI 16 (level, low) -> IRQ 16 atau sesuai dengan temuan Anda, maka komputer tidak akan boot lagi alias freeze atau hang. Meskipun telah dicoba dimatikan dan dihidupkan Wireless adapternya... Masalah ini hanya akan terjadi jika Anda menggunakan Laptop atau Netbook yang didalamnya sudah terpasang Wi-Fi internal berchipset Broadcom dengan PCI ID 14e4:4315 dan Chip BCM4312. Untuk mengetahui PCI ID dari Broadcom, gunakan perintah berikut:
lspci -vnn | grep 14e4
Sebenarnya masalah ini bukan hanya terjadi pada distro Linux Slackware, tapi juga mereka yang mencoba menginstall driver dari wireless.kernel.org secara manual. Ada juga beberapa distro yang sudah menyertakan driver tersebut sehingga mengalami hal yang serupa.

Untuk mengatasi masalah ini, supaya Slackware atau Linux dapat digunakan kembali secara normal meski tanpa Wi-Fi, lakukan langkah berikut:
  1. Booting menggunakan CD Slackware atau menggunakan USB Boot... (Baca: membuat USB Boot)
  2. Booting seperti ketika akan menginstall Slackware... Setelah selesai booting tekan enter, login sebagai root kemudian lakukan perintah berikut:
mkdir slack
mount /dev/sdaX /slack
rm -rf /slack/lib/modules/2.6.33.4-smp/kernel/drivers/net/wireless/b43legacy
rm -rf /slack/lib/modules/2.6.33.4-smp/kernel/drivers/net/wireless/b43
rm -rf /slack/lib/modules/2.6.33.4-smp/kernel/drivers/ssb
reboot
Keterangan:
Ganti /dev/sdaX, dimana X=1,2,3,4,5. Untuk mengetahui dimana Linux (X) terinstall, gunakan perintah cfdisk. Contoh: jika Linux terinstall di /dev/sda3, maka gunakan perintah mount /dev/sda3 /slack

Setelah Slackware dapat berjalan, gunakan Ndiswrapper untuk menginstall driver Broadcom atau langsung mendownload driver broadcom disini. Tapi sayangnya Wi-Fi Anda tidak dapat digunakan untuk Hacking Wi-Fi disebabkan ndiswrapper atau driver resmi dari broadcom tidak support untuk itu (injection dan monitor)

2 comments:

  1. install nya sdh selesai,trus cara biar bisa konek ke internet nya gmn gan??? *maklum newbie* :)

    ReplyDelete
  2. Install WiCD yang bisa di ambil dari situ wicd.sourceforge.net

    ReplyDelete