05 March 2010

Mengubah resolusi layar Netbook 1024x600 menjadi 1024x768

Mengapa resolusi layar harus di ubah? Bagi Anda yang jarang menggunakan Netbook untuk kegiatan macam-macam atau singkatnya hanya digunakan untuk mengetik, maka resolusi layar 1024x600 tentunya sudah cukup. Tapi bagi beberapa orang yang mengandalkan Netbook-nya untuk bekerja maka akan sering dijumpai banyak masalah dengan resolusi yang minimalis tersebut. Berikut alasan, kenapa Anda harus mengubah resolusi monitor Netbook:
  • Pengguna Mikrotik akan mengalami kesulitan ketika meremote server Mikrotiknya menggunakan WinBox, karena beberapa menu tidak bisa ditampilkan atau hilang.
  • Pemakai software POS seperti QuickBooks Point of Sale akan kehilangan beberapa menu dibawahnya karena software ini di buat untuk resolusi 1024x768.
  • Ada beberapa game yang tidak dapat berjalan jika menggunakan resolusi bawaan netbook, seperti yang pernah saya baca di beberapa forum.
  • Ada kendala ketika digunakan untuk presentasi menggunakan projector atau lebih dikenal dengan nama infocus di Indonesia.
Berikut adalah solusi yang mungkin bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu mengubah resolusinya menjadi 1024x768. Cara-caranya sebagai berikut:

Klik kanan pada desktop pilih properties, maka akan tampil dialog box Display Properties. Pilih tab Settings dan klik tombol Advanced, dan tampil dialog box "Plug and Play Monitor..." kemudian pilih tab Monitor dan hilangkan centang pada "Hide mode that this monitor cannot display" seperti tampak pada gambar dibawah ini.


Klik OK, maka sekarang Anda sudah bisa mengganti resolusi sesuai dengan yang diharapkan.

Semoga dapat membantu....

19 comments:

  1. kan disitu dah ada peringatan klo di uncek... ntar rusak ga ya layar nya..

    ReplyDelete
  2. Ga rusak kok... Punyaku baik-baik aja sampai sekarang...

    ReplyDelete
  3. kok masih ndak mau ya mas, gimana nich

    ReplyDelete
  4. Driver VGA-nya dah terinstall belum? Atau di Tab Setting-nya jangan pakai yang [Default Monitor], pilih yang Plug and Play Monitor...

    ReplyDelete
  5. Begini mas, saya udah bisa setting 1024x768, tapi karena pixel layar netbook saya 1024x600, makanya tampilannya lari2 keatas dan ke bawah...
    Gimana biar bisa di strecht ke 1024x600 ya... gambarnya gepeng ndak papa lah, yang penting tampilannya full satu layar. trims jawabannya...

    ReplyDelete
  6. Bisa... Tapi terlalu gepeng, dan harus memakai software tambahan... Kemarin saya ambil software-nya dari Netbook ASUS EEE PC (Cari aja teman yang punya ASUS Eee PC)... Nama aplikasinya saya lupa dan sudah saya buang, karena komputer jadi lambat dan mouse susah jalan-jalan... Seperti komputer yang tidak di instal driver...

    ReplyDelete
  7. sob... dah kita coba di windows7 starter tetep ja g mo ne....minta solusinya yah..

    ReplyDelete
  8. aku punya masalah ini,aku uda klik kanan di deskop tapi g ada pilihan properties nya harus gmn y?aku ingin merubah resolusi 1024 x 600 menjadi 1204 x 768 mohon bantuan nya y...

    ReplyDelete
  9. ga bisa jg nih,,
    udh dicoba k resolusi 1024 x 768,, tp stlh di Apply dan OK balik lg k 1024 x 600..,,
    trz hrs gmn yaa???

    ReplyDelete
  10. Untuk mengubah secara permanen bisa dilakukan dg update bios nya, tapi cara ini beresiko, skali gagal maka laptop anda akan blank. . Sebaiknya serahkan pada ahlinya. .

    ReplyDelete
  11. saya g tau mw kmna lg ne posting trakhir yg mungkin saya jumpai

    saya punya layar LCD defauld resolusi 1360x768 ktika saya rubah resolusinya jd 1024x768 tidak bisa , yg ada cman layar hitam tp musikny winamp masih bunyi, lampu monitor jg menyala,....
    mohon bantuannya y mzzz dh muter2 sana sini di google g da jawabannya

    ReplyDelete
  12. TQ ats infonya...sdh sy coba ga ada masalah...konsekuensinya kita main scroll...

    ReplyDelete
  13. THANK'S FOR YOUR INFORMATION

    ReplyDelete
  14. Terimakasih atas infonya^^ saya udah nyari kesana kemari eh... ketemunya disini :)

    ReplyDelete
  15. saya pakai windows 8 mas, ga bisa di setting ke 1024x768
    tolong bagi solusinya dong,
    bisa bagi info ke zaenal.tsn@gmail.com
    trims

    ReplyDelete
  16. mas udh defaut gk bs dikotak katik lagi pilihan centangnya.gmn nh? nb sya eee pc 1015bx

    ReplyDelete
  17. mas caranya untuk mengembalikan ke 1024x 600 gmna
    coz netbook saya malah layarnya hilang separo dan sangat menyusahkan. eh tu juga g cuma di dekstop ja tp ketika booting juga separo padahal udah q instal ulang sampe muter2 sampe sutres pula.

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. klik kanan pada desktop->pilih screen resolution->pada tulisan resolution silahkan ganti 1024x768->klik apply->keep changes lalu klik ok..

      Delete