01 February 2013

Apa itu Router Board, PC Router, Router OS?

RouterBoard
Adalah suatu hardware khusus yang didesign untuk menjalankan RouterOS Mikrotik sehingga bisa menjadi sebuah router yang handal. RouterBoard bisa juga dianggap atau sama dengan PC atau Laptop tanpa Sistem Operasi.

PC Router
PC Router adalah Personal Computer (PC) yang digunakan sebagai Router (routing). Untuk menjadikannya menjadi sebuah PC Router, PC tersebut bisa di install dengan MikroTik RouterOS, Linux, atau FreeBSD.

Router OS atau RouterOS
Router OS adalah sebuah sistem operasi yang berfungsi mengubah PC (komputer) atau RouterBoard menjadi sebuah router. Salah satu contoh dari Router OS adalah Mikrotik (RouterOS MikroTik). MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

RouterBoard (RB) Mikrotik
RouterBoard Mikrotik adalah sebuah router yang didalamnya sudah terinstall RouterOS MikroTik. Contoh RB atau RouterBoard yang sudah terinstall MikroTik adalah RB750, RB1100, RB450, RB433. Ini sama seperti saat kita beli Laptop yang sudah terinstall Windows atau GNU/Linux, dan pembeli bisa langsung pakai tanpa harus direpotkan dengan menginstall Sistem Operasi.



Next Episode > Belajar Mikrotik...

2 comments: