02 June 2010

Penjelasan Geotag, TGN, ICBM Manfaat dan Penerapannya di Blogger

Pernahkah Anda membuka kode sumber (source code) situs yang sedang Anda kunjungi dengan menekan kombinasi tombol Ctrl - U? Pernahkah Anda melihat baris kode seperti dibawah?
<meta name='geo.region' content='ID-ST'/>
<meta name='geo.placename' content='Palu'/>
<meta name='geo.position' content='-0.89779;119.8572'/>
Baris kode diatas adalah salah satu contoh dari penerapan Geotagging. Apakah arti dan manfaat dari kode diatas dan bagaimana penerapannya? Oke... kita akan bahas bersama-sama disini secara jelas dan tuntas (Insya Allah, CMIIW)...

Apa yang dimaksud dengan Geo Tag atau Geotagging?

Geo Tag atau Geotagging adalah proses menambahkan metadata identifikasi wilayah kedalam berbagai media, seperti foto, video, website atau RSS Feed. Data berisi koordinat lintang dan bujur, meskipun dapat juga mencakup ketinggian, bantalan, jarak, akurasi data, dan nama tempat.

Terkadang ada juga sebagian yang menyertakan info TGN di header script HTML situs atau blognya... Contoh kodenya seperti berikut:
<meta name='tgn.id' content='1001548'/>
<meta name='tgn.name' content='Sulawesi Tengah'/>
<meta name='tgn.nation' content='Indonesia'/>
Apakah TGN dan Manfaatnya?

Thesaurus of Geographic Names: adalah Kosakata terstruktur yang dapat digunakan untuk meningkatkan akses terhadap informasi tentang seni, arsitektur, dan bahan budaya. Dimana data-data digunakan sebagai standar nilai data pada titik dokumentasi atau katalog. Dalam konteks ini, data-data digunakan sebagai pengendali kosakata atau otoritas oleh cataloger atau indexer;

Masih ada satu lagi yang tidak boleh ketinggalan, yaitu ICBM (Intercontinental Ballistic Missile). Arti untuk ICBM diartikan sebagai Geo Targeting adalah: formulir yang digunakan untuk mendaftarkan sebuah situs dengan proyek pemetaan Usenet, sebelum Internet meluas. Tapi sebenarnya digunakan untuk menghasilkan peta geografis yang tepat dari Usenet links pada plotter. Berikut contoh penerapannya:
<meta name='ICBM' content='-0.89779, 119.8572'/>
Dengan memberikan Geotag, TGN, ICBM info pada sebuah situs, maka membuat situs atau blog kita search engine friendly. Yang artinya, Google atau search engine akan menempatkan situs kita pada posisi tertinggi sesuai dengan target atau wilayah pasar yang kita inginkan sesuai dengan info yang didapatkan mesin pencari dari Geotag, TGN dan ICBM.

Bagaimana cara mendapatkan info Geotag, TGN dan ICBM atau koordinat?

Mudah... dan sangat mudah (untuk yang pintar), dan tidak perlu menggunakan alat GPS yang mahal. Cukup menggunakan komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk membaca tulisan ini. Buka situs Geo Tag Generator disini untuk mencari koordinat dari Geografis target pasar kita dan klik disini untuk melihat informasi detail TGN.

Bagaiamana cara menerapkannya pada blog atau situs kita?

Setelah kita mendapatkan semua info yang kita perlukan, sekarang saatnya menggabungkan semua informasi yang kita dapat. Berikut contoh menggabungkan informasi geografis yang saya letakkan pada situs herbasmart (Toko Herbal Online).
<meta name='geo.region' content='ID-ST'/>
<meta name='geo.placename' content='Palu'/>
<meta name='geo.position' content='-0.89779;119.8572'/>
<meta name='ICBM' content='-0.89779, 119.8572'/>
<meta name='DC.title' content='Sohibuna Herbal'/>
<meta name='tgn.id' content='1001548'/>
<meta name='tgn.name' content='Sulawesi Tengah'/>
<meta name='tgn.nation' content='Indonesia'/>
Letakkan baris kode diatas setelah <head> dan sebelum </head> . Lihat gambar dibawah jika Anda masih bingung.

5 comments:

  1. Boleh juga dicoba gan infonya. Thanks

    ReplyDelete
  2. Wah mantap gan informasi yang bagus
    http://asmabintang12.blogspot.com/2011/11/century-21-broker-properti-jual-beli.html

    ReplyDelete
  3. thanks mas infonya...
    semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  4. makasih gan. dicoba,...

    meta tag bahasa yg gmn gan..

    ReplyDelete
  5. nyimak gan, mau praktek nih salam kenal yuli

    ReplyDelete